WAWANCARA EKLUSIF DENGAN IBLIS

               Pada suatu saat Rasulullah Muhammad SAW bertanya kepada iblis, ”jika engkau bisa menjawab dengan jujur,coba ceritakan kepadaku,siapa yang paling engkau benci?”. Iblis menjawab dengan jujur”engkau wahai Muhammad adalah orang yang paling aku benci dan kemudian orang-orang yang mengikuti agamamu.”lalu siapa lagi orang yang kamu benci?”tanya Rasulullah SAW. ”seorang pemuda yang bertaqwa, yang mencurahkan dirinya kepada allah SWT”jawab iblis.lalu,orang alim yang wara’(menjaga diri dari subhat)lagi sabar.lalu,orang yang senantiasa menjaga kesucian dari tiga kotaoran(hadats besar,kecil dan najis).” “siapa lagi”tanya Rasulullah SAW.

”orang fakir yang senantiasa bersabar,yang tidak pernah menuturkan kefakirannya kepada siapapun dan juga tidak pernah mengeluhkan penderitaan yang dialaminya”jawab iblis.”dari mana engkau tahu kalau dia bersabar?” “wahai rasulullah,bila ia masih dan pernah mengeluhkan penderitaannya kepada makhluk yang sama dengannya selama 3 hari,maka allah tidak akan mencatat perbuatannya dalam kelompok orang-orang yang bersabar”jawab iblis. “siapa lagi yang engkau benci?” “orang kaya yang bersyukur” ‘lalu apa yang bisa memberitahumu bahwa ia bersyukur?” “bila saya melihatnya mengambil kekayaannya dari apa saja yang di halalkan dan disalurkan pada tempatnya.”

“Bagaimana kondisimu apabila ummatku menjalankan shalat”tanya Rasulullah SAW.”wahai muhammad saya langsung gelisah dan gemetar”jawab iblis.sesunggguhnya apabila seorang hamba bersujud kepada Allah SWT,maka allah akan mengangkatnya satu derajat(tingkat).”apabila mereka berpuasa,maka saya terikat sampai mereka berbuka kembali.” “apabila mereka menunaikan manasik haji,maka saya jadi gila.” “apabila membaca al qur’an,maka saya akan meleleh(mencair) seperti timah yang di panaskan dengan api.” “apabila mereka bersedekah maka seakan-akan orang yang bersedekah tersebut mengambil kapak lalu membelah sya menjadi dua.” “mengapa?sebab dengan sedekah i”tu,allah akan menurunkan keberkahan dalam hartanya,menjadikan dia disenangi dikalang makhluk-NYA,dengan sedekah itu pula Allah SWT akan menjadikan penghalang antara neraka denganya dan akan menghindarkan segala bencana dan penyakit” “segala puji bagi Allah SWT yang telah menjadikan ummatku bahagia dan mencelakakanmu sampai pada waktu yang ditentukan”tutur Rasulullah SAW.”tidak mungkin dimana ummatmu bisa bahagia sementara saya senantiasa hidup dan tidak mati sampai pada waktu yang telah ditentukan” “Lalu bagaimana engkau bisa bahagia terhadap ummatmu,sementara saya bisa masuk kepada mereka melalui aliran darah dan daging sedangkan mereka tidak melihatku, demi tuhan yang telah menciptakanku dan menunda kematiankau sampai pada dibangkaitkan kembali(kiamat),sungguh saya akan menyesatkan mereka seluruhnya,baik yang bodoh maupun yang alim,yang awam maupun yang bisa membaca alqur’an,yang nakal maupun yang rajin ibadah,kecuali hamba-hamba Allah SWT yang mukhlis(murni)”jawab iblis.

Kemudian Rasulullah SAW meneruskan pertanyaannya”Wahai makhluk yang terkutuk,siapa teman dudukmu? “yaitu orang-orang yang suka makan riba’”jawab iblis. “siapa teman dekatmu?” Tanya Rasulullah SAW . “orang yanag berzina” “siapa teman tidurmu” “orang yang mabuk” sipa tamumu” ”pencuri” “siapa utusanmu” “tukang sihir” “apa yang menyenangkan pandangan matamu”tanya Rasulullah SAW. “orang yang bersumpah dengan talak,”jawab iblis. “siapa kekasihmu” “yaitu orang-orang yang meningggalakan shalat jumat” “apa yang m,embuat hatimu panas?” “bila manusia banyak beristighfar kepada Allah,dimalam maupun siang hari” “apa yang membuat merasa malu dan hina?” “sedekah secara rahasia”. “apa yang dapat mengendalikan kepalamu?” “memperbanyalk shalat jamaah” “siapa orang yang paling membahagiakanmu?” “yaitu orang yang sengaja meningggalakan shalat”.

“Siapa orang yang paling celaka menurut engkau?” tanya Rasulullah SAW. “orang-orang yang kikir,”lalu kata iblis lagi,setiap harta yang tidak dikeluarkan zakatnya,maka saya ikut memakannya.saya juga ikut makan makanan yang bercampur riba dan haram serta segala harta yang tidak dimohonkan perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk” “siapa orang yang tidak memohon perlindungan kepada Allah dari setan ketika bersetubuh dengan istrinya,maka setan akan ikut bersetubuh.akhirnya melahirkan anak yang mendengar dan taat kepadaku” “begitu pula orang yang naik kendaraan dengan maksud mencari penghasilan dengan tidak dihalalkan,maka saya temannya” “saya memohon kepadanya agar saya punya rumah,maka rumahku adalah kamar mandi” “saya memohon agar saya mempunyai masjid,akhirnya pasar menjadi masjidku” “saya memohon agar saya mempunyai Alqur’an,maka sya’ir al qur’anku” “saya memohon agar punya adzan,maka terompet panggilan adzanku” “saya memohon kepadanya agar saya punya tempat tidur,maka orang-orang mabuk adalah tempat tidurku”

Rasulullah SAW berkata kepada iblis”andaikata tidak setiap apa yang engkau ucapkan itu di dukung oleh ayat-ayat dari kitab Allah tentu aku tidak akan membenarkanmu”.( Syajaratul-Kaun,Asy-Syaikh Al-Akbar Muhyiddin Ibnu Arabi Abdullah Muhammad)

Oleh:*Muhammad Fahri Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.