Rahasia Sholat Tahajjud dengan Kesehatan Tubuh dan Kecerdasan Otak

Oleh : Sri Nur Atiqah

            Beragama merupakan hak setiap orang, dimana agama merupakan kepercayaan yang dimiliki setiap orang dan terletak di dalam hati. Kepercayaan bergama setiap orang berbeda beda tergantung dari mana mereka menyakini tuhan mereka masing-masing. Agama di dunia bermacam macam mulai dari islam, hindu, katolik dan kristen.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. dimana jumlah penduduk muslim di indonesia hampir mencapai 7 dari 10 dari total penduduknya. Bagi ummat muslim terdapat 5 rukun iman yang harus dilaksanakan oleh umat islam diantaranya ialah sholat 5 waktu (subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isyak ).

Selain sholat fardu yang diwajibkan kepada ummat isalam, ada juga sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh rosulullah diantaranya sholat tahajjud dan sholat dhuha. Sholat tahajjud adalah sholat yang dilakukan pada waktu 1/3 malam setelah tidur. Sholat Tahajjud ternyata tak hanya membuat seseorang yang melakukannya mendapatkan tempat (maqam) terpuji di sisi Allah sebagai mana yang dijelaskan pada surah Al-isra’ ayat 79

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

sholat tahjjud juga sangat penting bagi dunia kedokteran. Selain untuk meningkatkan kualitas spiritualisme antara hamba dan tuhannya sholat tahajjud ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan diantaranya adalah meningkatkan sistem imun dan kecerdasan otak.

Dr Moh. Sholeh (2012) seorang dosen di IAIN Sunan Ampel Surabaya, beliau mengungkapkan bahwa sholat tahjjud dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam diri manusai. hal ini dipengaruhi oleh menurunnya hormon kortisol (hormon yang terlibat dalam respon stres dan meningkatkan tekanan darah dan kadar gula darah) sehingga dapat meningkatkan respon biologis imun dan menumbuhkan respons ketahannan tubuh (imonologi) khususnya pada imonoglobin M, G, A dan limfosit-nya yang berupa persepsi dan motivasi positif, serta dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah yang dihadapi (coping). Selain hal tersebut seorang peneliti juga menyebutkan bahwa menyedot oksigen di atmosfer bumi sekitar jam tiga pagi hingga terbit matahari dan menggerakkan otot-otot di dalam badan kita akan menyegarkan badan dan melancarkan aliran darah ditubuh kita. Kedua hal tersebut, yaitu oksigen dan gerakan otot sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Oksigen akan hilang dari atmosfer bumi selepas matahari terbit dan tidak datang lagi sampai besok pagi. Hanya manusia yang bangun pada waktu ini yang dapat menikmati oksigen tersebut

Selain dapat meningkatkan sisten imu, sholat tahajjud juga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini dipengaruhi oleh Gelombang alpha yang membawa kita masuk kedalam pikiran bawah sadar pada saat tidur. Dengan itu pula pikiran dan jiwa menjadi rileks, tenang dan tentram. Karena pikiran dan jiwa yang rileks inilah membuat kita menjadi sehat karena pembuluh darah terbuka lebar sehingganya melancarkan peredaran darah mengalir keseluruh tubuh. Dan pada saat sujud oksigen dalam darah mengalir secara maksimal ke dalam otak sehingga asupan oksigen otak terpenuhi hal inilah yang membuat otak kita menjadi lebih segar dan lebih cerdas. .Hal ini juga dijelaskan dalam alqur’an pada surah az-zariat(15)

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (18) كَانُوا قَلِيلاً مِّنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (17) آخِذِينَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ (16) إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ(15)

sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik;mereka sedikit sekali tidur di waktu malam
dan di akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bahagian.

Dari sini dapat kita ambil hikmah bahwa sholat yang kita kerjakan tidak hanya menjadi kewajiban semata bagi umat islam akan tetapi sholat dapat dijadikan sarana peningkatan kesehatan dan penyembuh penyakit bagi tubuh dan kecerdasan bagi otak .

Bibliography
https://lorenzotsqof.theisblog.com/12207769/the-single-best-strategy-to-use-for-kampus-uin-terbaik
https://analisapasar48158.eedblog.com/12063427/little-known-facts-about-kampus-uin-terbaik
https://holdentsrpm.blog2freedom.com/12053957/details-fiction-and-kampus-uin-terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.