Rangkuman Kajian Nashoihul Ibad (Jum’at, 09 Februari 2018)

Abu bakar ra berkata: Orang yang masuk kubur (mati) tidak membawa bekal bagaikan orang yang berlayar tanpa perahu. Di dalam kubur ia tak ubahnya seperti orang tenggelam yang selalu mengharapkan pertolongan, namun tak ada yang dapat menolongnya. Barang siapa yang membaca surat Sajadah setiap hari maka surat tersebut akan menjadi  makhluk yang mana makhluk tersebut:
1. Menemani di alam kubur.
2. Mengadu kepada Allah jika sang pembaca disiksa oleh malaikat di dalam kubur.

Diantara fadhilah surah Tabarok (Al-Mulk) yaitu pembacanya akan dihindarkan dari siksa kubur yang mana alam kubur menjadi penentuan apakah ia akan selamat selama perjalanan menuju surga-Nya Allah atau tidak.

Sahabat terdahulu ketika tertinggal sholat berjama’ah di masjid maka mereka akan menangisinya karena saking banyaknya keutamaan yang terdapat dari sholat berjama’ah di masjid. Dan jika ia melewatinya begitu saja, maka ia akan menjadi orang yang merugi.

Barang siapa yang ingin meraih kemuliaan di dunia, maka perbanyaklah harta. Dan barang siapa yang ingin meraih kemuliaan di akhirat, maka hendaknya ia memperbanyak melakukan amal sholeh.

Seseorang yang terlalu bersedih akan urusan dunia maka hatinya akan menjadi gelap. Berbeda dengan seorang yang bersedih karena urusan akhirat, maka hatinya akan terang benderang. Salah satu penyebab terang benderangnya hati seorang hamba ialah karena mambaca Al-Qur’an dan mengerti apa yang ia baca.

——

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.