MENAKJUBKAN! MUSABAQOH QUR’ANIYYAH ULUL ALBAB JADI AJANG LOMBA QUR’AN SPEKTAKULER TINGKAT JAWA TIMUR

ANNABA- Sabtu-Minggu (18-19/03) Hai’ah Tahfidz Al-Quran UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan ajang Musabaqoh Qur’aniyyah Ulul Albab tingkat provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2021 secara online. Dan pada tahun ini, Musabaqoh Qur’aniyyah Ulul Albab ini dilaksanakan secara offline. Di hari pertama, telah terlaksana Opening Musabaqoh Qur’aniyyah Ulul Albab yang diadakan di Aula Gedung D UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jumlah peserta keseluruhan mencapai 163 Peserta. Berlanjut pada pelaksanaan sesi perlombaan keseluruhan secara langsung setelah pembukaan resmi.

Kegiatan Musabaqoh Qur’aniyyah Ulul Albab ini mengusung tema menarik “Membangun Prestasi dengan al Qur’an menuju Generasi Gemilang”. Event ini digelar dengan tujuan untuk mengasah skill dan keterampilan dalam bidang ke Al Qur’an serta menambah cinta kita dengan Kalam Allah. Terdiri dari 4 cabang lomba (untuk umum) :Yang pertama ada Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) ini ada dua kategori, kategori 10 juz ada 40 orang peserta pendaftar, dan kategori 20 juz juga ada 40 orang pendaftar. Yang kedua ada Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), ada 30 orang yang pendaftar. Yang ketiga ada Musabaqoh Tartilil Qur’an (MTrQ), ada 35 orang pendaftar. Yang keempat ada Musabaqah Khottil Qur’an (MKQ), ada 18 orang pendaftar. Total keseluruhan peserta yang mendaftar 163 orang.

Drs. Abdullah Zainur Rauf, M.HI selaku ketua Hai’ah Tahfidz Al Qur’an UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memberika sambutan pada closing ceremony Maqrub pada tanggal 19 maret 2023, beliau berpesan “Jika sesuatu telah selesai dilaksanakan dengan baik, maka nanti akan terlihat kekurangannya, karena didunia ada pasti ada kekurangannya, kecuali baginda Rasulullah SAW, jadi mohon dimaafkan apabila ada kekurangan dari acara ini”. Beliau memberikan selamat kepada para pemenang, dan berpesan “jangan tidur sehabis menang tapi jadikan momen ini sebagai momentum untuk terus maju dan berjuang, dan yang belum berhasil menang juga jangan putus asa, karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, jadi harus terus maju, dan kalau ini dilakukan maka insyaAllah akan menjadi orang yang baik didunia dan diakhirat”

Keuntungan yang didapatkan dengan mengikuti lomba Maqrub 2023 ini bukan hanya pengalaman yang banyak dan ilmu bermanfaat, tapi juga diberikan benefit berupa sertifikat bagi seluruh peserta, uang pembinaan bagi pemenang, trophy bagi pemenang, gantungan kunci, konsumsi, dan id card. Juga pastinya menambah relasi dan silaturrahmi antar keluarga Al Qur’an.

(af)